Sering bertukar data dengan teman melalui Flashdisk? sering ke warnet untuk mencari data? Dengan banyaknya aktifitas keluar masuk data di pc kita baik lewat flashdisk , media internet atau lainnya maka ga salah kalo kamu mengikuti beberapa tips dibawah ini untuk mengamankan pc kamu.

1. Scan data perangkat eksternal / USB

selalu menscaning perangkat usb seperti flashdisk saat ditancapkan ke komputer kamu. jangan menganggap remeh atau lupa untuk melakukan ini karena hampir semua virus atau worm atau trojan dsb menggunakan media ini sebagai media untuk menjangkitkan dirinya.

2. Matikan fasilitas ‘Autorun’

Saat kita mencolokkan flashdisk atau media lain, secara otomatis sistem akan membaca file tersebut. Akan lebih aman jika fasilitas ini kita matikan karena hampir sebagian besar virus yang melalui usb akan aktif melalui fasilitas autorun. kalo gampangnya, cari aja program bawaan microsoft yang namanya TweakUI. nanti setelah install, dibagian autorun nya di lepas aja centang nya bagian USB dan atau media lain.

3. Jangan asal Download

Saat kita berselancar ria di internet, kadang kita menemukan banyak pilihan menarik untuk kita ambil. banyak tawaran menarik untuk mendownload aplikasi antivirus atau games. ingat, tidak semua itu gratis jadi teliti sebelum mendownload file tersebut. lihat halaman asli dari web tersebut apakah bisa di percaya atau tidak.

4. Mematikan ‘File Sharing’

Selalu matikan file sharing, karena kadang ada orang usil yang mungkin bisa masuk kedalam sistem kamu dan mencuri data2 kamu.

5.  Antivirus

Selalu gunakan antivirus yang bagus. maksudnya, antivirus tersebut bukan bajakan dan atau yang mendapat support penuh dari pembuatnya. kadang jika kita menggunakan yang versi bajakan akan susah untuk melakukan update database virus nya. Beberapa AV yang bagus seperti Avast 5 dsb.

Semoga tips – tips diatas dapat membantu kamu dalam mengamankan pc kamu dirumah.

:)